Cara Menanam Tomat Sukses dan Cepat Panen

Tomat jadi buah dan sayur- mayur primadona di golongan warga. Karena buah ini tidak cuma bagaikan saus ataupun penyedap rasa, namun pula dapat dimakan dalam wujud juice tomat. Khasiatnya yang bermacam- macam membuat orang mau ketahui metode menanam tomat yang baik supaya kilat panen.

Tidak butuh takut apabila Kamu tidak mempunyai pekarangan yang luas di samping ataupun balik rumah. Sebab tomat dapat ditanam di dalam polybag ataupun pot. Triknya juga lumayan gampang buat dipraktekkan.

Cara Menanam Tomat

Metode Menanam Tomat Supaya Berbuah Rimbun!

Tumbuhan tomat tercantum tanaman yang fleksibel sebab dapat berkembang di dataran besar maupun rendah, dengan ketinggian antara 1- 1500 m di dasar permukaan laut. Sepenuhnya tentang bercocok tanam tomat terdapat di dasar ini.

1. Mempersiapkan Benih Tomat Unggul

Pemilihan benih tomat jadi poin berarti buat dicermati. Memilih benih tomat dari buah tomat yang telah sangat matang, berdimensi besar, tanpa cacat maupun nampak terdapatnya serbuan hama, kepadatan biji menyeluruh serta tidak mengapung dikala direndam air.

Kamu pula dapat membeli bibit tomat di kios pertanian ataupun pada petani tomat secara langsung.

2. Metode Menanam Tomat

Apabila menanam tomat dari mulai bibit, hingga Kamu butuh melaksanakan penyemaian terlebih dulu. Sebab bibit tomat yang masih muda hendak gampang terkena hama apabila langsung ditempatkan di area terbuka.

Pakai polybag semai bagaikan media tanamnya. Isi dengan tanah yang telah dicampur pupuk kompos. Tiap polybag ditanami satu benih tomat sedalam 1 centimeter. Jalani penyiraman sebanyak 2 kali satu hari dengan air seperlunya. Upayakan jangan hingga menggenang. Lihat pertumbuhannya serta buanglah gulma ataupun tumbuhan liar yang berkembang di sekitarnya.

3. Memindahkan Tumbuhan Tomat

Bibit tomat yang sudah berkembang besar sampai tidak sanggup lagi ditopang oleh polybag wajib lekas dipindahkan ke pot ataupun lahan yang lebih luas. Memilih pot yang dibuat dari tanah liat sebab mempunyai pori- pori yang mempermudah perputaran air serta hawa.

Masukkan kombinasi tanah, pasir serta pupuk kandang dengan perbandingan yang cocok ke dalam pot. Yakinkan pot yang digunakan mempunyai lubang supaya air dapat keluar dengan sempurna tanpa memunculkan genangan.

4. Waktu Panen Tumbuhan Tomat

Tumbuhan tomat yang ditanam dalam pot dapat dipanen sehabis merambah umur 3 bulan. Perihal ini diisyarati dengan buah tomat sudah berganti corak dari hijau ke kekuning- kuningan, daun bagian tepi mengering serta batangnya bercorak kekuningan.

Butuh dikenal kalau tumbuhan tomat tidak matang bertepatan. Jadi, masa panen sehabis 3 bulan dapat dicoba tiap 2- 3 hari sekali. Jalani pemetikan pada pagi ataupun senja hari dikala cuaca tidak sangat panas.

Seperti itu metode menanam tomat yang gampang buat Kamu praktekkan di rumah. Daripada teras ataupun balik rumah dibiarkan gersang, menempatkan tumbuhan tomat di atasnya hendak buatnya terlihat lebih baik.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Tomat Sukses dan Cepat Panen"